Dampak dari sebuah keputusan

Kemarin di kampus ada acara Indonesia Ocean Expo yang diselenggarakan oleh teknik kelautan itb. Acaranya sungguh luar biasa. Banyak stand-stand dari perusahaan besar yang (mungkin) ingin memperkenalkan perusahaannya kepada para mahasiswa, walaupun sebagian besar perusahaan-perusahaannya adalah perusahaan yang sudah dikenal. Seperti pgn,free port indonesia, bp migas, BP (british petroleum) indonesia, pelindo, dan perusahaan lainnya.
Tentu saja, sebagai mahasiswa saya dan teman-teman mengunjung stand-stand itu yang kebetulan tempatnya dekat dengan prodi teknik sipil. Awal kita masuk, registrasi, kita sudah disuguhkan dengan berbagai macam booklet dan majalah gratis (majalah maritim), wahh, eksklusif sekali memang acara ini.
Kami lalu mengunjungi beberapa stand perusahaan dan bertanya-tanya seputar profil perusahaan. Yang sangat menarik adalah ketika kita mengunjungi stand pgn, bp migas, dan free port mc moran indonesia. Di stand pgn, mbak yang memberikan info tentang perusahaan mereka cakep-cakep, jadi kita agak berlama-lama ngobrol, walaupun kadang yang dibahas jadi ngaur (contohnya : berapa seh mbak gaji fresh graduate disini, atau gaji mbak deh berapa?) hahaa, tentu saja mereka tersenyum-senyum. Mungkin dipikirnya, yaelah ne anak pertanyaannya apaan seh. Wkwkkw.  Dan setelah kita berbincang-bincang, ehh rejeki datang, kita dikasi flash disk 4 gb gratis, malah saya dapat 2. Memang beruntung sekali kami mengunjungi stand ini.
Lanjut kita ke stand bp migas, dari tampilan standnya saja sudah keliatan ini perusahaan pasti eksklusif banget. Lalu saya bertanya-tanya tentang bp migas, cukup banyak pertanyaan yang kami lontarkan, salah satunya adalah tentang keberfungsian bp migas itu sendiri. Sekedar info, bp migas adalah badan pelaksana minyak dan gas. Jadi perusahaan ini berfugsi sebagai pembina dan pengawas Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di dalam menjalankan kegiatan eksplorasi, eksploitasi dan pemasaran migas Indonesia. Pokoknya banyak deh yang kami tanya seputar bp migas, sampai cara melamar kerja atau magang di sana.
Lanjut ke free port. Ada 2 orang yang menjaga stand ini. Keduanya adalah karyawan yang sudah cukup berpengalaman, salah satunya bahkan sudah bekerja lebih dari 10 tahun disana. Awalnya saya bertanya tentang free port itu perusahaan apa seh? Lalu jawabannya tidak saya sangka, sangat mendetail, dari mulai batuan yang mereka bawa, hingga proses produksi dan pengolahan limbah. Wahh..salut saya dengan si ibu yang menjelaskan sebegitu mendetailnya. Bahkan setiap suku disana dia jelaskan, dan berbagai keadaan geografis di areal pertambangan itu sendiri. Masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar free port dan cara magang serta kerja disana untuk para mahasiswa seperti kami. Setidaknya kami memiliki informasi apabila nantinya berminat bergabung dengan perusahaan ini. Cukup lama juga kami disana, sekitar 2 jam lebih, jadi setiap perusahaan ada 1 jam kami menggali informasi khususnya di bp migas dan freeport.
Setelah berlama-lama mencari informasi seputar perusahaan-perusahaan besar yang mendirikan standnya di lapangan basket itb, kami kembali menjalani perkuliahan hingga akhirnya pulang ke kostan masing-masing. Dan ketika saya dikostan, buka internet, lihat info dari twitter, ehh, ada berita yang menghebohkan, bahwa MK membubarkan bp migas, yang baru saja saya berbincang-bincang tentang fungsinya yang menurut saya sangat baik. Wahh, saya langsung mencari update info dan menyalakan tv . ternyata benar, dan dianggap merugikan negara dan bertentangan dengan UUD 1945. Walaupun saya kurang mengerti tentang sistem hukum dan apapun yang berkaitan dengan itu, tapi saya saya sangat menyayangkan keputusan itu. Tapi itulah keputusan, setiap apapun yang diambil pasti menimbulkan konsekuensi dan dampak kepada yang lain. Baik buruknya mari kita lihat bersama. Semoga keputusan ini adalah yang terbaik buat indonesia dan dunia migas di indonesia ini.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s