Po-Po-Pe

Pernah dengar gak singkatan di atas.?..
Mungkin bagi mahasiswa itb kata-kata itu sudah tidak asing lagi didengar, karena hampir dalam setiap kaderisasi yang menyangkut KM itu selalu dibahas hal itu ( yang saya alami seh..)..
Baik, sekarang saya sedikit menjelaskan apa seh PoPoPe itu. PoPoPe itu merupakan singkatan dari Posisi, Potensi, Peran. Semuanya tentu dikaitkan dengan mahasiswa. Hal ini penting untuk kita ketahui sebagai mahasiswa, agar setidaknya kita tidak hanya menjalani nama “mahasiswa”itu sendiri tanpa bagaimana seh Perannya, potensinya dan Posisinya.

Sekarang saya mulai dari Posisi. Posisi mahasiswa sendiri berada dalam ruang lingkup masyarakat sipil yang terpelajar. Trus apa bedanya mahasiswa dan Siswa..??..menurut saya sendiri, bedanya adalah tentang pemikiran dan kedewasaan dalam menilai dan memandang sesuatu nya dengan benar. Terserah anda mau berpendapat lain atau gimana..

Lalu potensi. Potensi mahasiswa sebenarnya banyak. Tapi dsini saya hanya menyebutkan 7 butir, sesuai dengan apa yang dibagikan kakak mentor saya kepada saya. Potensi mahasiswa itu sebagai berikut:
1. Kritis ( Peduli terhadap realitas bangsa)|
2. Idealis ( Idealis berlawanan dengan realistis, jadi mahasiswa masih masih mempunyai potensi dalam menginginkan segala sesuatunya sesuai )
3. Semangat dan Energik
4. Independent ( Artinya mahasiswa berada pada posisi yang netral, tidak tersentuh oleh ruang politik maupun ekonomi)
5. Punya keahlian/berbasis Keilmuan
6. Kemudahan Jaringan (fleksibel)
7. Multidisiplin ilmu dan keberagaman wawasan.

Selanjutnya Peran . Peran Mahasiswa sendiri saya membaginya menjadi 4 (sesuai yang diajarkan juga) :
1. Agent Of Change ( Agen Perubahan)
2. Guardian Of Value ( Menjaga Nilai kebenaran)
3. Iron Stock ( Stok Pemimpin/pengganti pendahulu bangsa)
4. Role Model ( contoh bagi masyarakat).

Saya rasa yang diatas cukup menggambarkan berada dimana mahasiwa itu sendiri.
Tentunya masih banyak juga pendapat-pendapat lain yang sesuai dengan yang di atas. Itu bisa dikatakan hanya garis besarnya saja. Dan itu saya depatkan dari kakak2 mentor yang mengajarkan dengan sangat baik kepada saya. Semoga bermanfaat buat siapa saja.

Tinggalkan Balasan

