Di mana ? Mau kemana ?

Saat semua orang dari saentro negri ini mengumandangkan lagu-lagu kebangsaan negeriku untuk memperingati hari ulang tahun ibu pertiwi,
Saat kebanyakan orang dari saentro negri ini mengibarkan bendera di beranda rumah untuk menyatakan suasana kemerdekaan ibu pertiwi,
Saat anak-anak sekolah sampai kepala pemerintahan berbaris di lapangan sambil mengucapkan nada-nada proklamasi yang menandakan ulang tahun ibu pertiwi,
Saya bertanya, sudahkah seharusnya demikian ??
Apakah itu hanya suatu tradisi tanpa kita peduli bahwa sebenarnya kita masih “terjajah” oleh kemiskinan, kebodohan, korupsi, teknologi.
Apakah kita pernah bertanya, dimana negeri ini sekarang ??.. apakah negeri ini akan mampu berjuang melawan arus jaman yang semakin mematikan, apakah kita hanya akan menunggu kalau negeri ini nantinya akan tergerus, apakah engkau peduli akan hal itu ??..
Raksasa-raksasa rakus yang ada di atas sana yang harusnya menjadi nahkoda, apakah masih kita anggap layak untuk manjalankan perahu besar ini ??..
Pernahkah kita bertanya Mau kemana negeri ini akan dibawa ??. Apakah kita akan menemukan daratan yang cukup luas untuk menampung orang yang hanya bermalas-malasan menunggu nasib menjemputnya ??..
Tidak ada tempat yang seperti itu kawan, kukatakan padamu, bahwa kita harus berjuang, kita harus menjadi bagian yang berfungsi dari negara ini, melakukan sesuatu yang rill untuk negaramu.
Mengutip pernyataan salah satu presiden Amerika ” jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang engkau berikan kepada negaramu “.
Berjuanglah kawan, ibu pertiwi tengah menunggu uluran tanganmu, cukuplah sudah tangisannya untuk negeri ini karena hal-hal bodoh yang kita perbuat kepadanya.

Dirgahayu Republik Indonesia Ke-66.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s