Mudik

Sekarang saya lagi berada di Bogor, ya hitung-hitung refreshing lah, dari kepenatan kuliah di kota Bandung.
Cukup menyenangkan juga perjalanan kesini. Hal menarik memperhatikan setiap jalanan. Kebetulan saya berangkat pada H-1 lebaran, jadi tidak terlihat penumpukan jumlah kendaraan di berbagai titik yang biasanya menjadi pusat kemacetan.
Sebagai mahasiswa sipil, saya sempat juga memperhatikan bagaimana infrastruktur yang saya lewati tadi.
90 % yang saya lihat adalah jalan tol, dimana jalanannya menurut saya cukup bagus dan lancar. Sya tidak tahu apakah itu bagus karena baru dibangun atau memang pengerjaannya yang bagus (bukan bermaksud berprasangkan buruk, hanya sedikit kritis).
Baiklah, untuk jalan tol, saya kira tidak ada masalah yang berarti.
Lanjut masalah terminal, dimana tempat ini merupakan pusat dari berbagai untuk beberapa jurusan.
Masih cukup banyak masalah yang saya perhatikan disini. Mulai dari kebersihan tempat, manajemen waktu kendaraan, hingga pengoperasian bus-bus yang menurut saya sudah tidak layak pakai lagi.
Saya selalu bertanya bagaimana caranya membuat terminal ini menjadi rapi dan bersih dari sampah (kumuh), Cukup sulit juga menurut saya, tapi ini pertanyaan yang cukup baik.
Dalam bayangan saya, bagaimana jika seandainya terminal ini di bangun mirip bandara. Jadi setiap bus itu mempunyai hangarnya masing-masing.
Dan bangunan untuk penumpang persis seperti bangunan saat menunggu pesawat. Hehehe. Ekstrem banget ya.
Tapi siapa tahu, ide yang sekarang konyol bisa menjadi kenyataan ke depannya. Apalagi saya nantinya berminat mengambil kelompok keahlian Transportasi.

So, who know what will happen on the future ??..

2 thoughts on “Mudik

  1. klo d negara2 maju mobil punya batas kilometer trtentu..
    tp klo developing country kea qta…
    asal mseh bisa jalan
    gas trosssssssss🙂

    • iya juga seh..tapi kadang keterlaluan loh kalo bus nya itu dah tua banget,,tapi masih dipake aja…
      smoga lah ke dpannya ada alternatif baru untuk masalah transportasi kita.
      mungkin kereta api cepat barangkali (shinkansen).

Tinggalkan Balasan

