7 Prinsip Steve Job

Kabar tentang kemunduran steve job memang memberikan konspirasi tersendiri bagi orang yang benar-benar tahu betul siapa steve job. Untuk saya sendiri, dia merupakan orang yang langka di muka bumi ini, yang bisa merevolusi dunia teknologi informasi sehingga dapat kita nikmati sekarang ini.
Pertanyaan yang sering saya ajukan adalah bagaimana steve bisa menjadi orang seperti itu. Walaupun dia tidak termasuk 10 orang terkaya di dunia, tapi menurut saya dia merupakan orang yang sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi.

Dalam tulisan Carmine Gallo yang berjudul What Makes Steve “Steve”, dia merincikan 7 prinsip yang dimiliki oleh sete job :

1. Do what you love.
Steve Jobs mengajarkan kepada kita bahwa Anda tidak bisa datang dengan produk baru, inovatif dan menarik kecuali Anda meginspirasi diri sendiri dan bersemangat bergerak memajukan masyarakat. Jobs pernah berkata, “Orang dengan passion tinggi bisa mengubah dunia menjadi lebih baik.” Hidup itu terlalu singkat, katanya, untuk hidup seseorang membutuhkan mimpi. Dan jika Anda belum menemukan passion Anda, katanya, terus mencari, jangan pernah puas.

2. Put a dent in the universe.
Steve Jobs percaya pada kekuatan visi. Dan ia pasti memiliki visi yang besar. Pada pertengahan 1970-an ketika komputer diasingkan ke sekelompok kecil penggemar, Steve Jobs yakin bahwa ia bisa menempatkan komputer di tangan orang sehari-hari (dulunya mungkin ukuran komputer sangat besar). Dan dia menantang pendiri Steve Wozniak dan tim Apple untuk menciptakan sebuah komputer yang bisa digunakan sehari-hari dengan nyaman. Akhirnya, terciptalah Macintosh. Komputer yang mengubah segalanya. “Steve’s extraordinary vision and leadership saved Apple and guided it to its position as the world’s most innovative and valuable technology company,” kata Art Levinson, Ketua Genentech, atas nama Dewan Apple.

3. Connect things to spark your creativity
Steve Jobs pernah mengatakan kreativitas adalah menghubungkan berbagai hal . Maksudnya adalah bahwa orang dengan seperangkat luas pengalaman hidup sering dapat melihat hal-hal yang orang lain lewatkan. Pekerjaan sering menghubungkan ide-ide dari bidang lain. Misalnya, ia belajar kaligrafi di perguruan tinggi. Kaligrafi tidak memiliki aplikasi praktis untuk hidupnya. Tapi ia tertarik dan bergairah tentang hal itu. Kemudian pengalaman kaligrafi yang menemukannya jalan ke Mac, komputer pertama dengan font yang indah. Kreativitas adalah menghubungkan hal-hal dari berbagai bidang.
#menghubungkan mozaik kata andrea hirata.

4. Say no to 1,000 things
Katakan tidak untuk 1.000 hal. Steve Jobs bangga dengan apa yang Apple lakukan, tapi dia juga bangga dengan apa yang Apple pilih untuk tida dilakukan. Steve Jobs pernah mengatakan inovasi yang berasal dari mengatakan tidak sampai 1.000 hal. Saya percaya ini berbicara kepada kesederhanaan. Dalam dunia apel, kesederhanaan adalah penghapusan kekacauan. Apa pun yang mengacaukan pengalaman pengguna dihilangkan. Itu sebabnya hanya ada satu tombol di bagian depan iPad atau mengapa tidak ada keyboard built-in pada iPhone. Yang membuat Produk Apple populer adalah karena sederhana, elegan dan mudah digunakan. Tapi itu semua bermula dari pertanyaan steve job, “what can we remove?”.
#Saya juga suka dengan kesederhanaan yang elegan dan mudah dipahami.

5. Create insanely different experiences
Bukan hanya produk-produk apple dengan inovasi tinggi yang diciptakan steve, tapi apple store nya juga di buat sedemikian sehingga menarik minat pengunjung. Terhitung, rata-rata pengunjung sebanyak 17.000 setiap minggunya. Ia ingin memberikan hubungan emosional antara pengunjung dengan produk apple.

6. Master the message
Jika Anda memiliki ide terbesar di dunia tetapi jika Anda tidak dapat mengkomunikasikan ide-ide Anda, tidak masalah. Steve Jobs adalah pendongeng terbesar perusahaan di dunia. Bukan hanya memberikan presentasi seperti kebanyakan orang, ia memberitahu, ia berpendidikan, ia terinspirasi dan dia terhibur, semua dalam satu presentasi. Jika ada suatu hal yang kamu dapat lakukan hari ini, it’s to think visually. Kata-kata sangat sedikit di slide steve job jika dia presentasi. Ini sebuah filosofi yang disebut keunggulan gambar. Orang lebih cenderung untuk mengingat informasi ketika itu disajikan sebagai kata-kata dan gambar, bukan kata-kata saja. Saya pikir tidak mungkin untuk menonton presentasi Steve Jobs tanpa benar-benar memikirkan kembali presentasi Anda saat ini.

7. Sell dreams, not products
Steve Job mengimajinasi kita karena ia benar-benar memahami pelanggannya. Pada tahun 1997, ketika Apple dekat dengan kebangkrutan, Steve Jobs mengatakan bahwa dia akan mengurangi jumlah produk apple dan lebih meningkatkan kepuasan pelanggan intinya. Suatu saat dia berkata, “some people think you’ve got to be crazy to buy a mac, but in that craziness we see genius and those are the people we’re making tools for.” Your customers don’t care about your product. They care about themselves, their hopes, their ambitions. Steve jobs taught us that if you help your customers reach their dreams, you’ll win them over.

Ada satu cerita yang saya pikir merangkum karir Steve Jobs di Apple. Seorang eksekutif meminta Steve job memberikan saran kepadanya. Steve menjawab “Dream bigger “.Lihat kejeniusan dalam kegilaan Anda, percaya pada diri Anda, percaya pada visi Anda, dan selalu siap untuk mendefend ide-ide itu. Karena ide-ide itu yang berpotensi mengubah dunia.

Sumber : Forbes.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s