13 September 2011

Selamat sore menjelang malam semua. Sekarang saya ingin membagikan pengalaman hari ini kepada kalian. Dimulai tadi pagi, ada yang menarik disampaikan seorang dosen saya yang bernama Pak Indra Djati. Beliau mengajarkan mata kuliah analisis statistik dan probablistik di kelas kami. Jam 8 pagi beliau masuk kelas. Mahasiswa yang datang masih sekitar belasan orang, dimana kebanyakan dari teman-teman saya terlambat merupakan kebiasaan yang sudah tidak aneh lagi. Beliau masuk membawa buku pegangannya dan segelas teh manis. Baru masuk beliau langsung menyampaikan hal yang kira-kira seperti ini :

Baiklah kita beberapa menit sedikit evaluasi, saya perhatikan dua hari terakhir kita kuliah, sepertinya kalian sangat banyak yang membuat suara yang mengganggu perkuliahan. Di sini saya sampaikan kepada kalian bahwa belajarlah untuk mendengarkan, kalian tahu salah satu kelemahan dari kita bahkan pemimpin-pemimpin kita adalah kurangnya mendengarkan. Saya ceritakan sedikit pengalaman saya ketika saya diundang rapat ke gedung DPR. Kalian tahu seperti apa mereka ?. mereka sangat sulit mendengarkan permasalahan apa yang terjadi di masyarakat, kebiasaan mereka adalah, mereka sangat senang mengumbar suatu permasalahan namun tidak untuk solusinya. Seorang pejabat bertanya kepada saya, tetapi ketika saya hendak menjawab pertanyaannya, ehh, malah dia keluar. Di sini saya langsung sedikit emosi melihat kelakuan pejabat ini. Saya perhatikan dia yang paling banyak bertanya, tapi dia tidak ingin mendengar jawaban dari saya, pejabat seperti apa itu??.. saya lantas menginterupsi pimpinan, dan mereka lalu meminta maaf, inilah salah satu kelemahan pemimpin kita, mereka sangat senang ketika membahas suatu permasalahan hingga berbelit-belit, tapi minim solusi yang dihasilkan. Tahukah kalian bahwa korupsi itu dimualai dari kebiasaan kecil yang kalian lakukan sehari-hari, seperti memotong anggaran, menyontek,dll. Itu tanpa sadar mambawa kalian kepada hal yang besar ketika kalian menjadi orang yang besar dan melihat uang banyak. Itu yang membuat bangsa ini hancur. Inilah yang saya sangat tekankan kepada kalian, bahwa your character is most important, you are here is building that. Apa yang kita pelajari sekarang ini adalah sambilan, yang terpenting adalah kalian bangun karakter kalian yang terbaik, karena suatu saat kalian inilah yang bakal menjadi pemimpin bangsa kita. Soft skill itu perlu kalian kembangkan disini, alangkah sayangnya jika 4 tahu kalian berada disni hanya untuk mendapat gelar tanpa karakter yang mendukung. Bagaimana caranya?. Ya, kalian bisa ikut organisasi atau himpunan. Di sana kalian akan belajar tentang itu………

Sebenarnya masih panjang apa yang beliau ceritakan namun intinya adalah seperti itu. Sudah berapa dosen yang mengatakan hal yang seperti itu, namun apa yang mreka pesankan adalah sesuatu yang sangat berharga bagi saya. Dan semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

