Jangan Biasakan Mengeluh

Mengeluh adalah sikap manusiawi yang semua orang pasti akan merasakannya. Namun jangan menganggap bahwa keluhan itu bisa menyelesaikan masalah.
Saya ingin cerita bahwa kadang saya juga sering merasakan bahwa persoalan yang saya hadapi terkadang terlalu berat untuk saya rasakan. Berat karena saya merasa hal itu berat. Tapi ketika saya merasa bahwa hal itu meruapakan suatu jalan yang saya tidak tahu kemana alurnya (Namun percaya) bahwa itu pasti membawa jalan menuju suatu hal yang tak terselami.
Banyak juga hal-hal yang kadang di luar jangkauan pikiran saya, kenapa hal itu demikian sempuranya terjadi pada saat yang tepat. Yang dulunya hal ini adalah hal yang saya sesali tetapi sekarang hal itu menjadi berkat.
Seolah-olah kita didalam kehidupan ini disuguhkan suatu pelajaran yang kadang kita tidak suka, tapi suatu saat hal itu menjadi ada gunanya.
Jadi kadang saya bertanya ..Buat apa mengeluh??…
Saya teringat kata Pendeta kemaren di Khotbahnya, beliau mengatakan bahwa salah satu ciri orang yang tak kuat menahan penderitaan adalah orang yang sering mengeluh. Apa-apa mengeluh, sedikit-sedikit mengeluh, pokoknya kayak hidupnya lah yang paling susah didunia ini.
Tetapi itu semuanya merupakan suatu kebiasaan, Jadi kalau kita sudah membiasakan diri kita untuk mengeluh, jadilah kita orang yang mudah sekali mengeluh walaupun masalah yang kecil menerpa.

Bersyukur itu lebih baik bukan??…
Toh kalau kita percaya, tak ada sehelai rambutpun yang jatuh jika Tuhan tidak mengijinkan. Semuanya pasti ada alurnya. Jadi ada baiknya percaya dan yakin bahwa segala hal yang terjadi dalam hidupmu sudah ada yang mengatur, tinggal bagaimana kamu menyikapinya dengan sebijaksana mungkin dan mampu menangkap isyarat-isyarat yang terjadi.

Mungkin tulisan ini saya sesuaikan dengan apa yang saya alami, belum tentu cocok untuk semua orang, mungkin banyak komentar andai banyak orang yang membaca, tapi sekali lagi , ini yang saya yakini. setiap orang mempunyai keyakinan dan kebenaran yang menurut kita berbeda-beda. Tapi sekali lagi, bagaimana kita menyikapinya adalah hal yang terpenting.

Deo Gratias

Tinggalkan Balasan

