Pikiran Yang mengendalikan kita

Sudah beberapa saat saya perhatikan diri saya sendiri, ini benar-benar dari apa yang saya lakukan atau alami langsung. Saya sangat kagum akan kebesaran Tuhan, menciptakan otak manusia sedemikian hebatnya sehingga bisa berpikir,merasa,dan lain sebagainya seperti apa yang kita lakukan saat ini. Saya mencoba memberikan sedikit tanggapan akan kehebatan pikiran kita. Dulu waktu saya bimbingan di Medica, sering kami diberi motivasi dengan kata-kata : Manusia adalah apa yang dipikirkannya. Percaya gak percaya, tapi ini memang terkadang benar adanya. Saya beri contoh ilustrasi sederhana. Dulu waktu saya TPB, ada mata kuliah wajib yang harus diambil yaitu olahraga. Bobotnya 2 sks. Ujiannya adalah lari 2400m dengan waktu yang ditentukan: Kurang atau sama dengan 12 menit itu nilainya 100. Jadi kira-kira kita disuruh berlari 6 keliling. Nah, saya akui saya kurang kuat berolahraga. Jadi untuk memperjuangkan nilai, maka setiap minggu pagi saya pergi ke saraga untuk melatih otot-otot kaki dan stamina dalam berlari. Sebelum berlari biasanya saya berjalan santai dari kostan. Dan saat itulah saya selalu berusaha memikirkan bahwa saya harus mencapai target nilai maksimal saat latihan. Dan ketika saya mula berlari, pikiran itu saya usahakan terus memacu diri saya untuk mencapai target. Dan hasilnya memang berhasil. Rasanya berbeda ketika saya berlari (ogah-ogahan) dengan berlari didahului oleh motivasi pikiran.
Memang kalau dipikir-pikir, agak kurang rasional bahwa pikiran kita bisa memacu hingga titik limit tubuh kita untuk melakukan sesuatu. Tetapi itulah kenyataannya.
Bahwa memang tubuh anda hampir sepenuhnya dikendalikan oleh pikiran, sisanya adalah refleks.
Jadi, ketika saya pikir saya bisa melakukannya, maka 50% saya sudah berhasil melakukannya.

Tinggalkan Balasan

