Arti Penting Nilai Kejujuran

Ada pengalaman menarik kemarin ketika saya melaksanan praktikum mekanika tanah. Kbetulan hampir semua laboratorium yang kami gunakan, digunakan juga oleh dosen untuk meneliti/proyek. Saat melakukan praktikum, ada suatu alat yang ternyata sangat sensitif jika disentuh, saya tidak mengindahkan tulisan yang tertera jelas diatasnya yang bertulikan “jangan disentuh dengan alasan apapun”. Saya datang dan bukan hanya menyentuh, tapi memutar alat tersebut, tidak tahu sudah serusak apa hasil percobaan yang dilakukan disitu, tiba-tiba seorang teknisi lab, mengingatkan kami, hey, ini alat jangan dipegang ya, ini percobaan milik pak toha (salah seorang dosen), nanti dia marah. Wahh..barulah saya sadar kalau saya tadi bukan hanya menyentuh tapi sudah memutar sedikit alat itu. Gawaaattt…

Saya tidak enak hati ketika mengetahui hal itu, namun saya mulanya tidak mengindahkan pernyataan si bapak tadi, baru setelah saya mengembalikan buku ke perpustakaan saya mencoba memberanikan diri untuk mengakui kesalahan saya. Saya mendatangi si bapak yang tadi dan mengatakan bahwa saya sudah memegang alat itu.
Dan ternyata respon si bapak itu diluar dugaan saya, dia malah mengatakan “yaa, kenapa disentuh, tapi gpp, ya sudah..”
Beneran pak?? jawab saya. Iya gpp, kata beliau, saya langsung lega mendapatkan jawaban tersebut.
Pelajaran yang sangat berharga, bahwa kejujuran adalah hal mutlak yang harus diterapkan di dalam hidup ini, kapanpun dan dimanapun.

Tinggalkan Balasan

