Labirin Kehidupan

Orang yang sedang berjalan di sebuah labirin dengan semua belokan dan putarannya, dia tidak bisa melihat ke mana dia  berjalan.
Sebuah labirin bukanlah jejak simpang siur yang tidak memiliki jalan keluar. Ia bukan teka-teki yang harus dipecahkan, melainkan sebuah jalan bermakna yang harus dilalui. Jalurnya berputar-putar dan rumit, tetapi tidak buntu. Sebuah Labirin memiliki satu pintu masuk,dan satu pintu keluar. Jika melewatinya, kita akan melewati tikungan pendek dan panjang. Kadang-kadang kita keluar menuju tepi, kadang-kadang kita berputar di tengah. Kita tidak pernah benar-benar tersesat,tetapi kita tidak pernah bisa melihat ke arah mana kita berjalan. Dalam perjalanan itu, kadang-kadang kita  bergerak maju dengan mudah dan penuh percaya diri ; kadang-kadang kita bergerak maju dengan takut-takut dan penuh waspada; kadang-kadang kita merasa perlu untuk berhenti dan merenung; dan kadang-kadang kita justru merasakan dorongan untuk mundur.

Dalam banyak hal labirin serupa dengan kehidupan.
Kita berada di dalam sebuah jalan setapak di dalam labirin, dan jalan setapak itu membawa kita melewati berbagai belokan nasib dan kekayaan, kerugian dan keberuntungan, kesedihan dan kegelisahan. Itulah jalan setapak yang membentuk kita, yang mengungkapkan ketakutan-ketakutan kita, yang menguji keberanian kita, dan membawa kita ke saat ini. Ia merupakan jalan setapak suci milik pribadi dan tidak ada yang bisa melewatinya kecuali kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s