Belajar Untuk Bijaksana

Beberapa waktu lalu, saya mendapat sms dari teman lama yang mengatakan bahwa kita seharusnya belajar tidak hanya untuk mencapai kesuksesan tapi untuk membesarkan jiwa. Benar sekali kalimat ini.
Sukses menurutku merupakan suatu pemikiran yang berbeda-beda setiap individu. Ada yang menganggap bahwa ketika dia telah menggapai cita-citanya, maka dia sudah sukses, atau kalau dia sudah menjadi cukup mapan maka dia sudah sukses, atau lebih dari itu menjadi jutawan yang dikenal dan mempunyai banyak perusahaan, itu bisa jadi sukses menurut orang-orang.
Jadi kita kembalikan lagi ke setiap orang nya, sebenarnya sukses itu apa seh?…
Lebih dari itu, menurutku setiap manusia membutuhkan tidak hanya materialistis, tapi jiwa rohaniah, kebijaksanaan, dkk, itu mutlak menjadi kebutuhan alami yang terutama bagi manusia itu sendiri.
Bukankah banyak orang yang memiliki banyak uang namun tidak memiliki dan merasakan kebahagiaan?..
Jadi apa gunanya uang nya??.. Di sini lah masalahnya menurutku, walaupun aku sendiri belum mengetahui apa-apa tentang kehidupan ini, tapi kalau menurutku pribadi, selain untuk memenuhi kebutuhan kita akan material entah itu kekayaan, dll, kita harus mengembangkan kebijaksanaan kita untuk memahami apa arti kehidupan ini?. Bukankah sering, pada akhirnya kita akan bertanya, apa seh tujuan hidupku?..Atau untuk apa seh aku hidup??…Semoga aku pun bisa menjawab pertanyaan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s