Kuliah-Pusing-Itu biasa

Beberapa waktu yang lalu saya sharing kepada seorang teman anak psikologi. Kebetulan kami sangat akrab, jadi saya yang kala itu sedang pusing tentang perkuliahan, curhat dengan dia. Cukup bijak kata-katanya yang mungkin kurang lebih seperti ini, ” Vem, ini itu sebuah proses, kalau kamu merasa pusing atau berat, itu biasa, karena kita mungkin disini diajarkan untuk merasakan sakit, agar nanti di dunia luar kita sudah tidak terkejut lagi, toh kalau kita memang ingin maju, bukankah kita akan menghadapi rintangan yang jauh lebih berat, so, nikmati aja yang terjadi sekarang ini,”.
Ya, inilah yang disebut proses kehidupan, dimana setiap langkah-step, kita pasti merasakan ada sesuatu yang lebih berat dari sebelumnya. Coba flash back lagi, dulu ketika masa-masa SMA, saya sering bosan dengan keadaan yang seperti-seperti itu saja, saya membayangkan kalau nanti diperkuliahan, pasti saya akan menjadi sangat bahagia, tenang, dsb. Tapi ternyata bayangan itu melenceng, malah sebalikanya ketika kuliah, kehidupan dan rutinitas yang selama SMA saya jalani jauh berbeda. Dan mungkin sekrang bayangan kita pun demikian, seandainya saya cepat tamat, saya pasti punya kehidupan yang bahagia, tidak dikejar-kejar deadline tugas, tidak ada yang namanya UTS-UAS, dsb.
Tapi sekarang saya katakan bahwa saya tidak terlalu memikirkan itu, karena mungkin sekarang saya yakin bahwa kalau saya nanti sudah melewati tahap ini, otomatis tingkatan level saya sudah meningkat dan saya akan menyiapkan diri saya untuk menghadapi persoalan-persoalan yang jauh lebih besar daripada tugas-tugas kuliah.
Mungkin itulah inti kehidupan yang menurut saya sebuah Experience yang membutuhkan proses demi proses di setiap waktunya untuk menjadikan kita menjadi suatu manusia yang utuh, walaupun tak pernah benar-benar utuh, karena kembali lagi kemasing-masing individu tujuan hidupnya itu apa.
Lebih tepatnya setiap yang dilakukannya sekarang harus lebih baik dari sebelumnya, tapi bukankah itu rasanya mustahil?.
Entahlah, yang penting nikmati saat ini, nikmati apa yang kau lakukan, cintai dirimu sendiri, bersyukur selalu kepada Tuhan.

Tinggalkan Balasan

