Save Our World

Saya adalah tipe orang yang menyukai alam, karena mungkin dulu saya memang sangat dekat dengan alam, menikmati udara dingin di pagi hari, sore pergi ke ladang orang, menjelajah untuk sekedar mencari burung perkutut. Hal ini lah yang membuat kadang saya sangat sedih ketika menonton acara yang menguak fakta tentang rusaknya alam kita. BBC knowledge baru saja menayangkannya, dan saya sangat sedih melihat acara yang menampilkan ribuan hektar hutan hujan telah beralih fungsi menjadi ladang sawit. Sama-sama hijau memang, tapi rasanya entah kenapa mata ini sakit melihat sekumpulan sawit dibandingkan keindahan pinus yang menjulang tinggi serta diselimuti tanaman-tanaman liar lainnya. Kalau menurut saya banyak yang salah dengan sistem hukum dan pemerintahan ini. Semuanya sangat sulit diungkapkan, dan membuktikan yang mana kebenaran dan yang mana kejahatan pun sangat sulit di negara ini. Bukannya pesimis, tapi saya sedikit realistis dalam melihat segala persoalan yang terjadi, termasuk masalah penebangan liar ini. Para mafia-mafia (cukong) kayu demikian bebasnya dalam membabat hutan ini. Mereka seolah kebal terhadap hukum. Bukankah memang seperti itu ???…Lantas bagaimana mengatasi permasalah nya??..Mari kita jawab bersama.

Tinggalkan Balasan

