Korelasi membaca & menulis terhadap kemajuan suatu bangsa

Apakah anda termasuk orang yang suka menulis? Atau hanya suka membaca? Atau suka kedua-duanya? Atau tidak suka kedua-duanya? Hehe.
Saya hanya iseng sekedar bertanya, apakah ada korelasi antara membaca dan menulis, dan bagaimana hubungannya terhadap kemajuan suatu bangsa? Menurut saya, sebagian besar penulis (atau semua?) pasti adalah orang yang gemar membaca. Itu pendapat saya loh. Kalau saya pribadi, mungkin cenderung lebih suka membaca dari pada menulis. Karena kalau menulis, harus lebih banyak mikir apa yang kita tulis dan ide apa yang ingin kita tulis. Tapi biasanya kalau kita banyak membaca, ide-ide itu akan banyak bermunculan, apalagi kalau ada suatu peristiwa/berita yang mungkin kita ingin memberikan pendapat kita sendiri. Mungkin itu bisa dijadikan referensi untuk dibuat menjadi suatu tulisan.
Faktanya adalah, negara kita ini masih tertinggal jauh dalam penerbitan buku-buku (tulisan) dibanding dengan negara lainnya, bahkan tetangga kita. Bahkan dari yang pernah saya pelajari di mata kuliah rekayasa lingkungan, limbah kertas kita jauh lebih sedikit dibandingkan dengan negara-negara maju.  Kebanyakan kita limbah plastiknya.Hehehe. Nah, korelasi-korelasi yang seperti ini juga bisa kita jadikan acuan, kalau masyarakat kita masih kurang dalam membaca. Inilah yang menjadi masalah menurut saya, sehingga ketika ada suatu berita tentang hal-hal yang tidak kita ketahui kebenarannya (karena kurangnya informasi yang mendetail), pikiran kita menjadi terombang-ambing. Jadilah masyarakat kita dikendalikan oleh berita-berita di media. Saya bukan menyalahkan siapapun, saya hanya berfokus pada pola pikir kita dalam menanggapi suatu informasi. Kalau kita tau banyak tentang suatu hal, kita pasti akan bertanya-tanya tentang suatu kebenaran itu, apalagi mungkin suatu hal itu yang berkaitan dengan bidang keahlian kita. Lagi-lagi, sifat ini muncul dari kebiasaan kita dalam membaca. Jadi dari sini kita bisa memposisikan dimana letak posisi negara kita ini dibanding negara lainnya.
Untuk mengubahnya saya akui pasti sangat sulit. Tapi saya yakin dengan kemajuan dan kemudahan akses sekarang ini, rasanya kendala-kendala yang ada pasti bisa diminimalisir. Semoga anak-anak muda generasi saya bisa meningkatkan wawasan nya dengan sering membaca, entah itu melalui internet, buku, dan lain sebagainya,sehingga bisa memeperkuat posisi negara kita di kancah internasional. Bangsa yang maju adalah bangsa yang menguasai informasi.

 

2 thoughts on “Korelasi membaca & menulis terhadap kemajuan suatu bangsa

Tinggalkan Balasan

