Nilai rapor akan memperbesar peluang masuk PTN

Sesuai dengan pemberitaan di beberapa media bahwa tahun 2013 mendatang jalur masuk perguruan tinggi negeri akan diprioritaskan untuk jalur undangan. Sekitar 60% dari kuota PTN akan disaring melalui jalur undangan seperti tahun sebelumnya. Sisanya akan diakomodir melalui ujian tertulis yang diberi nama baru, yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
Saya sendiri percaya bahwa apa yang dilakukan panitia ini merupakan suatu terobosan (yang cukup) baru dalam menyaring siswa SMA untuk bisa mendapatkan kualitas yang sesuai dengan kriteria untuk masuk PTN. Karena biasanya persentase tertinggi itu dilihat dari nilai SNMPTN tertulis itu sendiri. Saya disini hanya ingin memberikan pandangan, bukan untuk meyalahkan siapa-siapa. Karena pada akhirnya, kesuksesan itu sendiri tergantung pada individu masing-masing, perguruan tinggi hanya salah satu wadah kita dalam mengembangkan diri,ilmu,pola pikir dan lain sebagainya.
Saya akan mencoba memberikan pandangan saya terhadap kelebihan dan kekurangan sistem ini.
Kelebihannya:
1. Siswa berprestasi (dari kelas 1-3) akan mempunyai peluang yang besar untuk masuk PTN. Kalau sebelumnya prestasi di sekolah itu bukanlah jaminan seorang siswa akan bisa mendapatkan kursi di PTN, karena biasanya yang masuk PTN itu adalah siswa yang menguasai soal-soal dan yang sering latihan uji coba (try out).
2. Siswa dari kalangan yang kurang mampu akan mendapat peluang yang cukup besar untuk ikut diseleksi nilainya. Kalau sebelumnya, yang mempunyai peluang terbesar lulus adalah orang yang cukup mampu membayar uang bimbel untuk dilatih mengerjakan soal-soal SNMPTN tertulis. Karena sesuai pengalaman, apa yang kita pelajari di bimbel adalah 90% yang akan diujikan di SNMPTN tertulis.
3. Siswa akan lebih menghargai pelajaran yang disekolah dan lebih serius dan aktif dalam pembelajaran di sekolah.
4. Sekolah akan diberi kepercayaan yang besar dalam menentukan penilaian terhadap sisswanya.

Kekurangannya:
1. Masih terdapat sekolah-sekolah yang nakal, yang memanipulasi nilai siswanya.
2. Mengecilkan profit lembaga-lembaga bimbingan belajar (mungkin).
3. Memunculkan nepotisme-nepotisme baru, terhadap beberapa siswa yang masih dalam hubungan darah dengan petinggi-petinggi sekolah.
4. Memperunyam sistem penilaian, atau kriteria-kriteria yang dibutuhkan PTN, karena ada beribu sekolah di Indonesia ini, apalagi sekarang tak ada batasan persentase banyaknya siswa yang diikutsertakan dalam seleksi, semua bisa ikut seleksi. Yang pasti penilaian juga didasarkan atas nama baik sekolah dan alumni-alumninya.

Mungkin itu sedikit pandangan saya terhadap sistem masuk perguruan tinggi 2013. Setiap orang mungkin mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Tapi tujuan yang utama yang harus tercapai adalah semua masyarakat mendapatkan hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang layak, sehingga nantinya diharapkan generasi-generasi kita adalah generasi yang tangguh yang bersaing tidak hanya di dalam negeri tapi juga didunia internasional. Semakin terbukanya akses dunia ini, dibarengi dengan meningkatnya teknologi saat ini membuka peluang yang begitu besar untuk setiap individu mendapatkan pengetahuan yang terupdate dan terintegrasi di seluruh dunia. Jayalah negeriku, tunjukkan kepada dunia bahwa negeri ini bukanlah dunia ke tiga seperti yang mereka pandang di dalam pikiran mereka.

2 thoughts on “Nilai rapor akan memperbesar peluang masuk PTN

  1. kalo misalkan kita sudah daftar ke sekolah untuk di masukin SNMPTN tapi sekolah tidak mendaftarkan di karenakan sekolah tidak punya web itu gimana??

    • menurut saya seh mbak, kalau tidak didaftarkan, otomatis tidak akan bisa diseleksi. Tapi untuk lebih jelasnya, mungkin mbak bisa tanya2 ke pihak sekolah mbak, bisa lebih memperjelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s