Redenominasi mata uang

Sudah pada tau kan, rencana pemerintah untuk memangkas  3 angka nol di dalam mata uang indonesia (rupiah)? Istilahnya, Redenominasi. Redenominasi sendiri berarti menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan cara mengurangi digit (angka nol) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Pada waktu menkeu berpidato, saya mendengar beberapa kata yang sering dimunculkan, yakni sanering. “Redenominasi bukan sanering”,demikian kata-kata yang agak sering ditekankan. Sanering, kata ini berarti pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai uang.
Saya sendiri tak terlalu paham dengan berbagai istilah-istilah ekonomi tersebut. Tapi yang ingin saya sampaikan disini adalah, bahwa menurut saya kebijakan ini adalah kebijakan yang positif dan penting untuk bangsa kita ini. Karena, dengan banyaknya digit angka pada mata uang kita, penilaian orang pada umumnya adalah bahwa mata uang kita tidak berharga, dan terlalu memperumit dalam perhitungan dikarenakan banyaknya angkanya. #Heheh, itu pendapat saya loh..
Dan kalau tidak salah untuk merealisasikan redenominasi ini dibutuhkan waktu beberapa tahun (saya lupa persisnya berapa tahun), berarti kan secara logis, nanti ada berpasang-pasangan (nilai) mata uang yang beredar di masyarakat. Semoga aja seh, tidak membingungkan, dan semuanya berjalan dengan lancar. Biar negara kita ini menjadi negara yang besar dan dihargai di mata internasional. Amiinnn…

2 thoughts on “Redenominasi mata uang

Tinggalkan Balasan

