Siapa yang Benar? Siapa yang Salah?

Hari ini hampir semua media memberitakan tentang penertiban Pedagang kaki lima di sekitaran rel kereta api. Saya menyoroti pemberitaan di stasiun Universitas Indonesia. Mahasiswa sampai turun tangan mendemo aksi yang dilakukan pihak aparat atas keputusan KAI yang mengharuskan tidak ada lagi PKL di sekitaran rel atau di stasiun. Karena mengganggu keberjalanan operasional.
Di satu sisi, menurut saya keputusan yang diambil pihak KAI ini adalah keputusan yang baik, untuk kepentingan kenyamanan penumpang saat menaiki ataupun turun dari KA. Tapi disisi lain, kita melihat selalu ada saja permasalahan sosial yang terjadi. Inilah kadang yang menimbulkan masalah. Apalagi pedangang2 itu katanya sudah ada sejak sekitar 11 tahun. Pertanyaannya, kenapa dari dulu tidak dilarang pedangang itu berdagang diarea stasiun/rel KA.? Kalau sudah lama gini kan, semuanya jadi susah, pedagang juga susah direlokasi, pemerintah harus mengeluarkan uang untuk pembongkaran, ada perkelahian yang mengakibatkan korban luka2, dan masalah2 lainnya. Hadehhh.
Tapi apapun itu, setiap keputusan memang selalu ada konsekuensinya. Kita tidak boleh menyalahkan si anu atau si itu. Kalau memang hal ini adalah keputusan yang terbaik, menurut saya biarkanlah tetap berjalan. Mari kita melihat jangka panjangnya seperti apa kalau keputusan ini diberlakukan, perhitungan yang dikaji pihak KAI menurut saya tidak mungkin hanya sekedar bagaimana nanti nasib PKL, tapi lebih dari itu, berbagai hal (keuntungan/kerugian) yang diakibatkan harusnya sudah ada diperhitungkan. Dan bagaimanapun untuk angkutan umum, pelayanan dan kenyamanan adalah hal yang mutlak diprioritaskan.
Sebagaimana yang sudah pernah saya tulis, bahwa solusi terbaik untuk mengatasi kemacetan adalah salah satunya dengan moda transportasi Kereta api. Prinsipnya adalah pindahkan orang/barangnya, bukan kendaraanya. Maka dari itu, untuk menarik minat penumpang ke moda Kereta api, pihak KAI harus merombak sana-sini, termasuk merelokasi pihak2 yang dianggap mengganggu keberjalanan operasional kereta api.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s