Hati-hati jambret !!

Senin kemarin menjadi hari yang memberikan pelajaran berharga.
Untuk kedua kalinya saya melihat copet di depan mata saya. Berbeda dengan yang pertama-dimana saya sendiri yang menjadi korban pencopetan handphone, yang kedua ini, teman saya yang hampir saja dompetnya berhasil di rampok oleh orang yang tak bertanggung jawab.
Pencopetnya menggunakan motor (mereka ber2). Kejadian itu ketika kami sedang jalan di sekitaran stadion teladan, memang daerahnya cukup gelap karena lampu jalannya mati, mungkin sekitaran jam 7 malam.
Damn, kejadian itu cepat sekali terjadi, tiba-tiba saja teman di sebelah saya teriak dan saya pun disitu sedikit terkejut tiba-tiba melihat dompetnya sudah terjatuh dan orang yang sedang berboncengan di motor langsung pergi dengan cepat. Untung saja dompet teman saya ini tidak berhasil di copet oleh jambret sialan itu.
Kejadian itu memflash back kejadian dimana sewaktu saya di pasar baru bandung bersama abang saya sedang berjalan di trotoar, tiba-tiba ada seseorang yang memegang kaki saya dan berusaha menarik-nariknya sehingga perhatian saya tertuju ke bawah, dan happ, tiba-tiba tangan seseorang masuk ke kantong celana saya dan mengambil handphone saya. Sontak saya kaget dan spontan berteriak copet karena langsung sadar bahwa handphone saya baru saja diambil.
Yang sialnya, mereka ternyata komplotan, ketika saya teriak copet, mereka semua langsung bilang,” mana..mana..mana copetnya?..” Padahal saya sendiri sadar kalau mereka itu copetnya, hanya saya tidak bisa melihat dengan cepat tangan siapa yang mengambil handphone saya itu. Karena memang sadar, saya tahu kalau mereka itu memang copetnya, mata saya langsung tertuju ke tangan mereka satu-satu, dan yappp, saya melihat handphone saya di tangan salah satu dari mereka, kontan saja saya menarik hp saya dari tangannya. Dan berengseknya dia mengaku itu hp nya, cuma dengan muka yang sedikit agak sok-sok mengancam gitu.
Oke, karena saya tidak mau ada kejadian yang tidak saya inginkan terjadi, saya dan abang saya langsung pergi tanpa mau berurusan lagi dengan komplotan pencopet itu. Mereka memang cukup banyak sekitar 5-7 orang gitu.
Yang sialnya lagi adalah ketika saya berteriak copet, orang-orang di sekitar itu hanya bisa tertunduk diam dan cuma sebagai penonton, dimana sih kepedulian mereka? saya rasa mungkin mereka tau, tapi mereka gak berani untuk berbuat.

Tapi kedua kejadian itu memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada saya.
1. Jangan sekali-kali menggunakan/memamerkan barang berharga di tempat keramaian, apalagi di pasar yang banyak penjahatnya.
2. Kalau jalan, selalu fokus, perhatikan kanan,kiri sesekali liat ke belakang, jangan berjalan sambil melamun, pencopet juga tahu kalau orang-orang seperti itu jadi mangsa yang empuk, apalagi melihat stylenya yang cukup meyakinkan, punya perhiasan atau baran berharga lainnya.
3. Jangan memegang dompet di tangan. kalau bisa gunakan tas.

Benar kata bang Napi, “kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi karena juga ada kesempatan”. Mungkin ini bisa dijadikan pelajaran berharga.  Semoga saya tidak pernah lagi mengalami kejadian yang seperti itu lagi.

One thought on “Hati-hati jambret !!

Tinggalkan Balasan

