Kemampuan mengendalikan diri

Hal yang sangat dan teramat penting menurut saya adalah kemampuan mengendalikan diri. Emosi, keinginan, dan lain sebagainya.
Satu hal yang saya amati dalam diri saya akhir-akhir ini adalah, kecenderungan tidak dapat mengendalikan diri dari teknologi (hp, internet).
Kalau dihitung-hitung, sebenarnya sangat tidak produktif penggunaan gadget-gadget, buat saya pribadi. Internet (melalui laptop) misalnya : kebanyakan yang saya lihat adalah media social yang isinya kebanyakan status-status tak jelas, berita-berita yang sesungguhnya kurang informatif dan mendidik. Hp : juga kebanyakan melihat status-status teman, di path, bbm, instagram, line, dll.
Saya tidak menyalahkan teknologi, tidak sama sekali. Yang saya sesalkan adalah kurangnya pengendalian diri saya terhadap penggunaan nya. Saya kurang bisa membatasi lama waktu yang saya habiskan untuk itu semua, karena tau-taunya waktu sudah larut malam.
Perlu latihan dan pola kegiatan yang baru sepertinya ini. Lebih bagus, berkarya dengan menulis di blog (jauh lebih produktif bukan? ). Hihhihi.

Tinggalkan Balasan

