Perbesar pengaplikasian teknologi dalam birokrasi

Menarik ketika menonton acara debat capres-cawapres kemarin. Menurut saya acara ini dapat dijadikan sebagai penilaian untuk masyarakat kita terhadap pilihannya masing-masing.
Salah satu hal yang cukup menarik buat saya kemarin adalah pernyataan pak Jokowi yang mengutarakan tentang penggunaan teknologi dalam beberapa kegiatan birokrasi, seperti pajak online, e-purchasing, dan e-e-e lainnya.
Saya sangat setuju dengan konsep ini, di jaman yang serba teknologi ini, sebaiknya memang sudah seperti itu, contohnya saja mungkin ERP (electronic road price) yang digunakan di banyak negara untuk pembayaran transportasi umum, ini kan lebih efektif dan efisien. Waktu, biaya, efektifitas, pasti dapat ditekan dengan pemberlakuan sistem ini. Namun di negara kita masih kurang (Udah ada belom ya? ).
Tapi jangan dilupakan satu hal, bahwa ketika terkoneksi ke dunia maya, keamanan (proteksi) terhadap keamanan data pengguna harus benar-benar dijamin. Butuh SDM yang canggih untuk melakukan hal ini, barangkali tentu harus dibutuhkan programmer-programmer yang sangat handal untuk itu. Jangan sampai kejadian “Snowden” kembali terkuak dan bisa menjadi kerugian bagi bangsa kita sendiri.

Pengawasan pelaksanaan nya juga harus lebih diperketak. Cukuplah e-ktp menjadi kegagalan sekaligus pembelajaran yang paling berharga untuk kasus ini. Jangan sampai lagi ada isu-isu yang, tidak dapat di copy lah, uang nya dikorup lah, dsb. Semua pihak harus bekerja dengan sepenuh hati untuk ini.
Pokoknya, pengaplikasian teknologi adalah harga mati yang harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk sekarang dan ke depannya. Semoga pemimpin baru bisa melaksanakannya dengan baik.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s