Kenapa harus meninggalkan zona nyaman?

“Tinggalkan zona nyamanmu!!” adalah seruan yang sangat tidak jarang kita dengar. Dari motivator yang gak tau sukses apa enggak sampai orang-orang memang beneran teramat sukses. Sesungguhnya sampai sekarang saya masih belum bisa memahami arti pernyataan itu. Di lain pihak, ketika bercengkerama dengan orang lain, ada  yang mengatakan bahwa kenyamanan adalah yang terpenting dalam memilih pekerjaan, memilih jodoh. Ada hubungannya gak sih? Hahaha. Terus, apa dong maksud pernyataan yang menyuruh kita meninggalkan zona nyaman?. Bukannya toh ujung-ujungnya kita ingin mencapai kenyamanan dalam hidup ini?
Baiklah, kalau menurut saya sendiri, pernyataan itu tidak bisa hanya diartikan sebelah mata, artinya harus dipandang sebagai sesuatu pernyataan yang luas. Kenyamanan di sini menurut saya adalah suatu tindakan yang monoton. Yang bisa dikatakan “itu-itu saja”. Tak ada pengalaman yang cukup berarti yang dicapai dari zona itu. Keluar dari zona nyaman itu berarti, kita memulai langkah baru, membentuk mental kita untuk memilih sesuatu yang di luar dari biasanya. Dari pengalaman saya sendiri, keberanian untuk memilih melakukan hal-hal yang tidak biasa menurut saya (misalnya pergi ke luar kota sendiri untuk menjelajahi alam, mgkin itu biasa buat orang lain, tapi buat saya, memutuskan melakukan hal itu merupakan suatu yang cukup sulit di tengah keterbatasan dana maupun yang lainnya), tetapi tekad dan kemauan ternyata memberikan hasil  yang cukup memuaskan. Ada suatu pengalaman yang tak terjelaskan dengan kata-kata, pengalaman yang membuat mental kita terbentuk untuk membuat keputusan, merasakan sesuatu yang sebelumnya seperti tidak mungkin ternyata toh bisa menjadi kenyataan.
Sedangkan zona nyaman, ahhh, gak ada yang bisa diceritakan dari situ. Hehehe.

Mungkin ini penjelasan yang cukup singkat, namun kita bisa menginterprestasikannya melalui pemikiran dan pengalaman masing-masing, tentang apa sebenarnya dan bagaimana meninggalkan zona nyaman itu. Demi menggapai pengalaman yang baru dan tak terlupakan. Salam🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s