Segala sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil

“Mataharimall.com menabarak hukum alam, yakni bagaimana membesarkan perusahaan dari yang semula kecil menjadi besar. Mataharimall.com, malah sebaliknya langsung membesarkan perusahaan tanpa merintis awal model bisnis” . Kutipan ini berasal dari taipan pendiri Lippo group, Mochtar Riady. Kegagalan lippo dengan bisnis e commerce nya yang menghabiskan +/- 700 milyar, angka yang luar biasa fantastis.
Bayangkan, orang sebesar beliau saja masih bisa melakukan kesalahan sederhana tapi sangat fatal.
Membaca kutipan tersebut, semakin membuat saya sadar, bahwa kebanyakan dari kita, selalu menginginkan sesuatu yang instan. Berharap mendapat sesuatu yang besar tanpa memulainya dari yang kecil terlebih dahulu, berharap melangkah 5 meter, tanpa belajar melangkah 1 cm terlebih dahulu.

Contoh pengalaman saya adalah, saya berinvestasi di pasar saham, sudah hampir 1 tahun. Namun masih memiliki raport merah, terkadang, itu membuatku kesal, namun, aku bersyukur bahwa di awal aku sudah belajar bagaimana menghadapi kerugian. Pelajaran berharga memang adalah ketika kita melakukan kesalahan, dan semakin besar kesalahan yang kita lakukan, semakin besar pula pelajaran yang kita dapatkan. Dan pelajaran itu aku catatkan di notes kecil yang bisa aku bawa kapanpun.

Konsistensi untuk  selalu belajar membuatku semakin matang dalam emosional dan kemampuan memahami. Semoga ke depan bisa membawa hasil yang memuaskan.